Laporan Akhir Modul 1 Percobaan 3

   




    

1. Tujuan (kembali)

1. Merangkai percobaan 3 modul 1.

2. Menjelaskan cara kerja rangkaian percobaan 3.

3. Melakukan simulasi rangkaian percobaan 3.


Kondisi : Jika tombol () ditekan, maka akan ditampilkan 891011 pada LCD.


2. Hardware (kembali)

 Alat

   1. Breadbroad

    2. Kabel Jumper

    3. Kabel USB

Bahan

    1. Arduino

    2. Keypad

    3. LCD

    4. Potensiometer




3. Rangkaian Percobaan (kembali)

Rangkaian Percobaan

Prinsip Kerja    
    Pada percobaan ini, pertama yang dilakukan yaitu membuat program dengan mendeklarasikan library LCD dan Keypad yaitu LiquidCrystal.h dan Keypad.h. Selanjutnya jumlah baris dan kolom dari keypad dideklrasikan dan menginisialisasi jumlah baris dan kolom keypad 4 x 3 untuk tombol-tombol yang akan digunakan. Mendeklarasikan pin yang digunakan untuk baris dan kolom keypad.  Lalu menginisialisasi library LCD dan Keypad dengan pin-pin yang digunakan.
    Pada void set up() diatur baris yang digunakan program akan membaca keypad ditekan dan LCD akan menampilkan input dari keypad saat void loop. Pada saat () ditekan, akan ditampilkan angka 891011 sesuai kondisi yang didapatkan pada percobaan.

4. Listing Percobaan (kembali)

Listing Program
#include <LiquidCrystal.h> //Deklarasi library LCD 
#include <Keypad.h> //Deklarasi library keypad
const byte ROWS = 4; //Deklarasi jumlah baris 
const byte COLS = 3; //Deklarasi jumlah kolom 
char keys[ROWS][COLS] = { 
{'1','2','3'}, 
{'4','5','6'}, //Inisialisasi keypad matriks 4x3 
{'7','8','9'}, 
{'*','0','#'} };
byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris 
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom 
// Inisialisasi library dengan pin yang digunakan 
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5); 
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS ); 
void setup() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali // Set baris dan kolom 
  LCD lcd.begin(20, 4); 
  lcd.setCursor(1,2); 
  lcd.setCursor(4,3); 
  lcd.setCursor(0,0); } 
  void loop() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulang 
    char key = keypad.getKey(); //Membaca keypad if (key) 
    //Kondisi pilihan jika keypad ditekan 
    { lcd.print(key); //Menampilkan input dari keypad pada LCD } }
}


Flowchart


5. Soal Analisa  (kembali)

1. Jelaskan listing program sesuai kondisi masing-masing kelompok
Jawab:
    Pada listing program, ditambahkan library LCD  dan Keypad  . Dideklarasikan banyak baris dan kolom yaitu 4 dan 3. Diberikan inisialisasi keypad dengan menggunakan matriks 4x3. Setelah itu, dideklarasikan pin untuk baris dan kolom, dimana masing-masing perintah yang dimasukkan yaitu rowPins : 10, 9, 8, 7 dan colPins : 13, 12, 11. Untuk LCD pinnya yaitu A0, A1, A2, A3, A4, A5. Pada void set up diatur baris yang digunakan program akan membaca keypad ditekan dan LCD akan menampilkan input dari keypad saat void loop. Pada saat () ditekan, akan ditampilkan angka 891011 sesuai kondisi yang didapatkan pada percobaan.

2. Bagaimana jika pin D4 sampai D7 LCD dipindahkan ke pin 0-3. Berikan Analisa!
Jawab:
    Jika pin D4 sampai D7 LCD dipindahkan ke pin 0-3, maka program tidak akan berjalan semestinya. Hal ini terjadi disebabkan karna pin 0 merupakan pin R x D dan pin1 merupakan pin T x D. Rangkaian tidak dapat menjalankan fitur pwm, disebabkan pin tersebut bukan pin pwm.

3. Apa pengaruh V0 terhadap LCD, Jelaskan fungsi pin RS, RW, dan E serta bagaimana menghilangnya agar LCD dapat menampilkan karakter!
Jawab: 
  • Pengaruh V0 terhadap LCD yaitu untuk mengatur terang gelap pada LCD.
  • Pada arduino, RS digunakan untuk memilih lokasi memori saat penulisan. RW berfungsi untuk menentukan mode read atau write, dan E berfungsi untuk mengaktifan atau menonaktifkan penulisan karakter
  • Cara menghubungkan agar LCD dapat menampilkan karakter yaitu pin Vss, pin 16 dan pin RW dihubungkan ke ground, V0 ke potensi, Vcc ke daya, pin RS ke pin 12 Arduino, pin 15 ke daya 5 volt, pin D4,D5,D6,D7 ke pin 5,4,3,2.

6. Video (kembali)

1. Proses perangkaian percobaan

2. Hasil percobaan



7. Link Download (kembali)

1. Download HTML       (unduh)
2. File simulasi        (unduh)
3. Listing program        (unduh)
4. Datasheet       
    Datasheet Arduino    (unduh)
    Datasheet Keypad    (unduh)    
    Datasheet LCD    (unduh)
5. Library       
    Library Arduino    (unduh)
    Library Keypad   (unduh)
6. Video     (unduh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar